International Conference on Sustainability Initiative in Emerging Economies: SMEs, Higher Education, Public Sectors, And Finance  

Diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Sumatera Selatan selama dua hari pada tanggal 26-27 Oktober 2023 di Grand Hatika Hotel, Belitung, Tanjung Pandan, Indonesia.

Acara ini menghadirkan Keynote Speech yang merupakan Chairman and Executive Director of The National Center for Corporate Reporting, Bpk. Dr. Ali Darwin, Ak., MSc.,  CSRA serta empat orang Invited Speakers yaitu Bpk. Dr. Agung Firman Sampurna, S.E., M.A.P., CSFA., CFrA., CGCAE., QGIA. yang merupakan Chief Commissioner of PT MNC Asia Holding Tbk., Bpk. Fitra Roman Cahaya, M.Com., Ph.D. yang merupakan Essex Business School, University of Essex, Bpk. Prof. Madya Dr. Zulnaldi Yacoob yang merupakan Dean of School of Distance Education, Universiti Sains Malaysia, dan Ibu Dr. Mays Awad Shatnawl yang merupakan Examiner Supervision Group Banking Supervision Department Central Bank of Jordan.

Sambutan dari Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Sumatera Selatan sekaligus membuka acara kegiatan secara resmi oleh ibu Prof.Dr. Inten Meutia, SE., M.Acc., Ak., CA., CSRS., CSRA., CSP

Dalam sambutannya Ketua IAI Wil Sumsel menyampaikan “konferensi internasional ini merupakan salah satu inisiatif keberlanjutan yang dilakukan oleh IAI Sumsel untuk mendorong akademisi dan dunia usaha meningkatkan perhatian dan referensi mengenai isu keberlanjutan, kegiatan ini melibatkan beberapa perusahaan yang sudah mengimplementasikan isu keberlanjutan dalam kegiatan operasional, seperti PT Timah Tbk, PT Bukit Asam TBK, PT Tugu Insurance Tbk dan PT Pusri. Pada kegiatan ini IAI Sumsel mengundang UMKM sebagai pelaku usaha dengan tujuan agar mereka juga memperhatikan isu keberlanjutan dalam menjalankan usahanya, Selain isu keberlanjutan, lanjut Meutia, kegiatan ini juga membuka kesempatan peserta membahas aspek aspek lain yang berkaitan dengan akuntansi. kegiatan ini memiliki beberapa dampak positif pada daerah yang dipilih untuk kegiatan conference ini, seperti pengenalan wisata Belitung dan produk-produk UMKM Belitung. IAI Wilayah Sumsel berharap kegiatan ini bermanfaat bagi anggota IAI, akademisi dan UMKM yang ada di Belitung,”

Invited Speakers Bpk. Dr. Agung Firman Sampurna, S.E., M.A.P., CSFA., CFrA., CGCAE., QGIA. yang merupakan Chief Commissioner of PT MNC Asia Holding Tbk.

Penyerahan Penghargaan kepada Co Host oleh Ketua Panitia Bpk Antonio Inoki, S.E., M.Si., Ak., CA.,ACPA., CSFA. Dalam Acara ini, Fakultas Ekonomi UNISTI (FESTI) menjadi salah satu Co-Host

Penutup pada hari pertama dengan acara sharing sessions dengan tema Implementation of sustainability initiatives yang disampaikan perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, PT. Bank Sumsel Babel, PT. Timah, Tbk, dan PT. Bukit Asam Tbk

Pada acara Parallel Session Terdapat 3 orang presenter dari FESTI

Bpk. Sri Sutandi dengan judul paper “Factors that Influence Village Financial Management Accountability in the Sub-District of Selat Panuguan Banyuasin District”

Bpk. Maulan Irwadi dengan judul paper  “Urgency: The Need for Disclosure of Sustainability Reports in the Public Sector”

Bpk. Zein Ghozali dengan judul paper  “Performance Assessment of Regional Public Service Agency (BLUD) by Using the Tripel Button Line Perspective”.

Comments are closed.